PADI UMKM DENGAN FITUR EPROCUREMENTNYA DI 2021, YUK SIMAK DULU APA ITU TENDER PROYEK BAGIAN II

PaDi UMKM yang meluncur pada Agustus 2020 lalu ini semakin melebarkan sayap terutama berhubungan dengan tender proyek bumn karena bagi Anda yang belum mengetahui, kunjungilah website resmi mereka di 2021 ini karena akan muncul tampilan baru yaitu halaman eprocurement pada beberapa bagian. Memang belum terlalu matang untuk dicoba karena platform digital inisiasi KBUMN ini pun belum memberikan informasi apa apa seputar adanya halaman tender proyek bumn ini.



Seperti yang dijelaskan sebelumnya seputar tender proyek bumn, nah apa saja persyaratan umum untuk mengikuti tender proyek bumn? Belum diketahui pasti apakah syaratnya akan sama persis dengan yang dimiliki oleh platform digital padiumkm.id tetapi, tender proyek bumn memiliki syarat umum seperti :

 Kelegalan perusahaan dibuktikan dengan Akta Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan dokumen kualifikasi yang lain yang diminta. Mencari Informasi pengadaan yang tersedia di media massa atau pada portal e-procurement milik pemerintah daerah, atau datang ke lembaga/instansi yang bersangkutan seperti Eproc.

Apakah dokumen penawaran dengan harga yang sesuai dengan memperhatikan garansi, layanan purna jual dan item-item pekerjaan yang diminta? Periksa dokumen tender untuk mengetahui metode penilaian dokumen yang akan dilakukan oleh Pejabat Pengadaan. Telitilah dalam pengisian dokumen penawaran. Perhatikan penjelasan yang diberikan. Jangan merubah setiap deskripsi dalam dokumen tersebut. Hindarilah upaya mengintimidasi calon penyedia lainnya. Jika Anda telah ditunjuk sebagai pemenangtender tersebut, berikan barang/jasa yang sesuai dengan spesifikasi, type, jenis, dan jumlah volume sesuai dengan dokumen penawaran yang telah dibuat.

Dalam proyek swasta secara umum tender dimulai dengan tahap prakualifikasi yang meliputi identifikasi kemampuan calon penyedia dan ruang lingkup pekerjaan yang ditenderkan. Jika sudah, maka paket pekerjaan siap untuk diumumkan melalui berbagai media massa seperti koran, majalah, televisi, radio, atau internet. Setelah itu diadakan rapat atau pertemuan antara calon-calon penyedia yang telah lulus prakualifikasi dan berminat terhadap pekerjaan yang ditenderkan dengan pihak pembuat tender. Sedangkan berikut ini adalah tahapan pelaksanaan dalam tender K/L/PD yang mungkin perlu Anda ketahui: Pelaksanaan Kualifikasi, Pengumuman dan/atau Undangan, Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen Pemilihan, Pemberian Penjelasan, Penyampaian Dokumen Penawaran, Evaluasi Dokumen Penawaran, Penetapan dan Pengumuman Pemenang. Pada tahap ini diumumkan hasil masing-masing calon Penyedia dan ditetapkan pemenang tender.

Sanggah, Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah (K/L/PD) dalam mendapatkan harga terbaik dalam suatu tender tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Asumsinya adalah masing-masing Penyedia yang mengikuti tender akan bersaing dengan perusahaan peserta tender lainnya dengan harga yang termurah tapi berkualitas sesuai dengan spesifikasi, jenis, dan merk yang diminta.

Bagi Anda sebagai Penyedia, maka proses tender merupakan seleksi/metode pemilihan yang penuh persaingan sehingga amatlah penting bagi Anda untuk mencantumkan penawaran yang kompetitif di dalam dokumen proposal. Mengajukan penawaran melaluui tender tidak memberikan jaminan keberhasilan dalam bentuk apapun. Yang terpenting adalah persiapkan dengan sebaik mungkin dokumen penawaran Anda.

Post a Comment

0 Comments